Pelajari dulu karakter format TOEFL

TOEFL preparation – Andaikan kita seorang petinju yang akan naik ring besok, pastinya kita akan jauh lebih siap secara fisik dan mental jika kita telah mengetahui karakter lawan yang akan kita hadapi tersebut. Berapa tingginya, panjang jangkauannya, kelemahannya, dll. Ini persis sama saat kita hendak menghadapi ujian TOEFL. Apabila kita telah mengetahui karakter tiap-tiap soal di dalam TOEFL (Paper-based TOEFL misalnya), maka waktu tidak akan terbuang hanya karena mempelajari petunjuk waktu tes berlangsung.

Salah satu faktor yang perlu diingat adalah petunjuk dari masing-masing section. Misalnya pada Listening section. Terdapat 3 type di sini. Kita harus sudah tahu bedanya sehingga pada saat hari H nantinya, kita sudah tidak perlu lagi mempelajari petunjuknya. Saving time!

Oya, untuk Listening Section ini ada tips: Pada saat buku soal dibagikan, coba langsung dilihat pilihan jawaban yang ada di buku itu. Kenapa? Karena dengan melihat jawaban tersebut, kita bisa ‘meramalkan’ pertanyaannya! Misalnya, di pilihan jawaban-jawaban tersebut semuanya membahas tentang lokasi (eg: a. at a bank  b. on the beach  c. at school d. at the office); nah, sekarang kita bisa menebak bahwa pertanyaannya pasti berhubungan dengan tempat atau lokasi! Nanti pada saat kaset diputar, Anda fokus saja pada percakapan yang membahas tempat tersebut. Begitu!🙂 Ini kelihatannya remeh, tapi boleh percaya boleh tidak, secara psychologis SANGAT SANGAT membantu!

(to be continued..)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: