Berbahasa Inggris total, mungkinkah?

“Quality is never an accident; it is always the result of high intention, sincere effort, intelligent direction and skillful execution; it represents the wise choice of many alternatives.” ~ William A. Foster

Kursus Bahasa Inggris

Jika dibandingkan dengan sekolah formal, sebuah lembaga kursus (non-formal) memang memiliki keterbatasan, khususnya pada durasi jam belajar. Sebuah sekolah, terutama sekolah yang telah menerapkan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya cenderung memiliki waktu lebih untuk mengajari siswa-siswanya dan waktu untuk berlatih.

Kalau memang begitu, apakah sudah tidak mungkin untuk membuat seseorang menguasai Bahasa Inggris cepat dengan durasi waktu yang bisa dibilang ‘sebentar’?

‘It’s quality, not quantity!‘ Demikian sering kita dengar kalimat ini. Kami sepakat. Dengan waktu yang tidak lama, tidak berarti kita tidak bisa mendapatkan hasil yang optimal.

English Quantum menerapkan ‘must speak English‘ ke seluruh level. Dari mereka yang masih TK hingga tentunya siswa dewasa. Tapi mesti diingat, bahwa mental kita (bawah sadar kita) akan cenderung defensif atau menolak sebuah hal yang tidak biasa kita lakukan. Jika sehari-harinya Anda terbiasa berbahasa Indonesia, dan kemudian tiba-tiba seseorang mengacungkan jarinya ke muka Anda sambil berkata, “You must speak English from now on!” kira-kira apa yang Anda lakukan?

Kecuali nyawa Anda terancam jika tidak berbahasa Inggris saat itu juga, maka saya ragu Anda akan menurutinya🙂. Jangankan ngomong bahasa Inggris, mendengar saja gelagapan, betul?🙂

Tapi bagaimana jika hati Anda sendiri yang memerintahkan hal tersebut? Mungkin seharian ini tadi Anda telah ditolak 15 perusahaan hanya gara-gara kemampuan bahasa Inggris Anda dinilai ‘kurang’?! Atau mungkin jika Anda adalah siswa SMP yang ingin masuk SMA favorit, kemudian gagal hanya karena bahasa Inggrisnya ‘tidak memenuhi standar’? Nah, dari sini mungkin akan timbul niatan dahsyat yang akan memicu minat belajar kuat. Bisa jadi.

Tapi bagaimana bila tidak? Maksud saya, bagaimana jika kejadian-kejadian pemicu itu belum muncul? Masih bisakah untuk berbahasa Inggris dengan cepat dengan durasi yang relatif ‘sebentar’ (seminggu cuma hadir dua kali, masing-masing satu setengah jam katakanlah).

Jawabnya: Bisa! Sangat bisa.

Kuncinya adalah pada membiasakan. Langkah demi langkah. Dan harus DISIPLIN! Seperti pada seseorang yang ingin berhenti dari kebiasaan merokoknya. Diminta langsung berhenti total saat itu juga? Mungkin bisa saja, tetapi relatif lebih susah kan?!

Di English Quantum, kami memberikan step-by-step atau langkah demi langkah metode yang khusus kami ciptakan untuk membiasakan penggunaan bahasa Inggris, disertai cara MENDISIPLINKANNYA. Sehingga siswa akan bisa melakukannya dengan sedikit atau bahkan tanpa ada penolakan mental. Setiap level kami perlakukan sedikit berbeda, sesuai dengan jenis usia dan kemampuannya.

Kami bersyukur bahwa saat ini metode ini telah berhasil membuat sebagian besar siswa berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan SESAMA SISWA ENGLISH QUANTUM YANG LAIN. Mereka akan saling mengingatkan jika salah satunya tidak menggunakan bahasa Inggris. Jika ada kata atau kalimat yang belum siswa-siswa English Quantum pahami, mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan🙂. Jika dengan temannya saja sudah menggunakan bahasa Inggris, maka untuk komunikasi dengan guru atau teacher mereka, tentunya sudah pasti wajib menggunakan bahasa Inggris!

Berbahasa Inggris total, mungkinkah? Sangat mungkin!

Bagaimana menurut Anda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: